Rabu, 18 Juni 2014

GUDEG JOGJA

ihiiiir senengnya (sambil loncat2 ^_^) akhirnya mamah dian bisa juga bikin gudeg jogja yang khas warna merah itu,,,
dari obrolan ringan sama mba fuji yang tanya resep gudeg,aku kasi deh resepnya...aku bilang kalo mau warnanya bisa merah nangka mudanya direbus dulu sama daun jati (hasil googling ^_^),eeeh gayung bersambut,dia bilang dibelakang rumahnya banyak pohon jati....waaaaa senangnya akhirnya diriku bisa mengeksekusi gudeg jogja ini hehehe...besoknya pas dia kerumah,aku minta bawain deh daun jati....dan taraaaaa sukses ^_^ Alhamdulillah
ini dia resep gudeg jogja ala mamah Dian

Gudeg Jogja

Bahan :
  • 1/2 Kg nangka muda
  • 1liter Santan dari setengah butir kelapa
  • 2daun jati
  • daun salam
  • lengkuas
  • gula jawa
  • gula pasir
  • penyedap rasa

Bumbu halus :
  • bawang putih
  • kemiri
  • terasi
  • garam
  • ketumbar

Cara :
rebus nangka muda dengan daun jati,sampai warna menjadi merah. angks tiriskan.
rebus santan dengan bumbu halus,masukan rebusan nangka muda,daun salam,lengkuas,gula jawa,gula pasir,penyedap rasa.
rebus sampai mendidih dan kuah mengental.

untuk pelengkap aku bikin opor ayam dan telur puyuh pindang
 untuk resep opor sekalian aku share nih bun,pasti udah banyak yang tau ya...hehehe

Opor Ayam

 Bahan :
  • ayam
  • santan
  • daun salam
  • serai
  • lengkuas
  • gula

Bumbu halus :
  • bawang putih
  • kemiri
  • ketumbar
  • kunyit yang sudah dibakar
  • garam
  • merica

Cara :
tumis bumbu halus,masukan daun salam,serai,lengkuas,gula. tumis sampai harum.
musak potongan ayam,tambahkan santan. masak hingga matang.

untuk telur puyuh no resep yah bun,pindang silahkan sesuai selera  ^_^

Catatan : semua resep,aku pake takaran kira2 ya bun,sesuai kebutuhan saja....
Monggo dicoba...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar